SKRIPSI EKOS
Pengaruh Islamic Branding, Content Marketing, Dan Pelayanan Dengan Carter Model Terhadap Customer Retention Pada Anggota Gerai Dinar Pekalongan
Persaingan bisnis yang semakin kompetitif mendorong terciptanya strategi customer retention terutama ketika pertumbuhan jumlah anggota baru menurun, kondisi ini terjadi pada Gerai Dinar Pekalongan. Upaya yang dilakukan Gerai Dinar Pekalongan dalam membangun strategi customer retention yaitu menonjolkan nilai-nilai Islam, pemanfaatan website dan media sosial, kemudahan transaksi dan jaminan buyback produknya. Namun, hasil penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang tidak konsisten antara pengaruh Islamic branding, content marketing dan pelayanan dengan carter model terhadap customer retention. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh Islamic branding, content marketing dan pelayanan dengan carter model terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui kuisoner dalam bentuk google form yang telah diuji valid dan reliabel yang disebarkan kepada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui sehingga digunakan rumus Lameshow dalam menentukan jumlah sampel dan didapatkan 97 sampel. Analisis data dilakukan melalui uji regresi linear berganda untuk mengetahui adanya pengaruh dengan bantuan program SPSS 25.
Hasil penelitian menujukkan bahwa Islamic branding dan pelayanan dengan carter model berpengaruh secara parsial terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan, sedangkan content marketing tidak berpengaruh parsial terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Secara simultan Islamic branding, content marketing dan pelayanan dengan carter model berpengaruh terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Kemampuan Islamic branding, content marketing dan pelayanan dengan carter model dalam menjelaskan customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan sebesar 61,8%. Dari hasil analisis tersebut, strategi Islamic branding dan pelayanan dengan carter model dapat dioptimalkan untuk meningkatkan customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan, sedangkan tidak adanya pengaruh content marketing terhadap customer retention mendorong pentingnya dilakukan penelitian lebih lanjut.
Kata Kunci: Islamic branding, content marketing, pelayanan dengan carter model, customer retention.
23SK2341056.00 | SK EKOS 23.056 ENI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain