SKRIPSI EKOS
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Batik Vita Kota Pekalongan
Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat dalam proses produksi maupun penjualan produk begitu pula dengan perkembangan industri yang ada di Indonesia dengan seiring perkembangan zaman banyak bermunculan industri kreatif yang ada di Indonesia salah satunya yaitu industri UMKM (usaha menengah kecil mikro). UMKM sendiri merupakan suatu usaha ekonomi yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh undang-undang no 20 tahun 2008. Ide kreatif banyak bermunculan dari industri tersebut tidak heran UMKM menjadi salah satu sentra perputaran ekonomi yang ada di Indonesia. Salah satu kerajinan asli Indonesia yang perlu dikembangkan adalah batik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan, dengan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Batik Vita Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode incidental sampling dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 98 konsumen. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Variabel dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y), Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2), Gaya Hidup (X3).
Hasil penelitian membuktikan bahwa citra merek, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh signifikan pada terhadap keputusan pembelian di Batik Vita Pekalongan sebesar 50,5 %. Perolehan Thitung dari citra merek adalah 5,762 > Ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, Thitung dari kualitas produk adalah 3.409 > Ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, dan Thitung dari gaya hidup adalah 4.005 > Ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian batik di Batik Vita Pekalongan dengan perolehan nilai Fhitung 33,967 > Ftabel 3,09 dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05..
Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Gaya Hidup Dan Keputusan Pembelian.
23SK2341055.00 | SK EKOS 23.055 TEG p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain