SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan)
Peningkatan jumlah pengguna internet dikarenakan adanya berbagai kemudahan, salah satunya digunakan dalam transaksi jual beli melalui aplikasi Shopee, dan dengan kemudahan yang di tawarkan menimbulkan adanya Keputusan Pembelian Online. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepercayaan, kualitas informasi, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah angkatan 2018 FEBI IAIN Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. dan diambil sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesiner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deksriptif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online secara online, dibuktikan dari nilai t hitung 3,163 > t tabel 1,997 dengan nilai signifikansi 0,002< 0,05. maka Ho1 di tolak dan Ha1 diterima. (2) kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online secara online, dibuktikan dari nilai t hitung 3,499> t tabel 1,997 dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. maka Ho2 di tolak dan Ha2 diterima. (3) persepsi risikomempunyai thitung-4,173 dengan signifikansi sebesar 0,000 karena thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,499 > 1,997 dan nilai signifikansi 0,05 > 0,001 maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. Yang artinya variabel Persepsi risiko berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian secara online pada aplikasi shopee. Koefisien bernilai negatif antara persepsi risiko dengan keputusan pembelian secara online, maka semakin tinggi tingkat persepsi risiko dilakukan maka keputusan pembelian secara online akan semakin turun. (4) Kepercayaan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko secara Simultan Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Hal ini dibuktikan nilai F hitung 14,595> dari F tabel 2,74 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kualitas Informasi, Persepsi Resiko, dan Keputusan Pembelian
23SK2341054.00 | SK EKOS 23.054 ZAH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain