SKRIPSI PIAUD
Pemanfaatan Wayang Boneka Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini Di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho
Masa usia dini adalah masa yang paling tepat untuk mengembangkan kosa kata dalam bahasa anak. Proses pemerolehan bahasa anak diawali dengan kemampuan mendengar, kemudian meniru suara yang didengar dari lingkungannya. Dalam proses semacam ini, anak tidak akan mampu berbahasa dan berbicara jika anak tidak diberi kesempatan untuk mengungkapkan yang pernah didengarnya. Salah satu media yang mampu membantu anak dalam penguasaan kosakata adalah memanfaatkan wayang boneka untuk alat peraga saat bercerita di depan anak-anak agar kosakata anak meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana pemanfaatan wayang boneka untuk meningkatkan kosakata pada anak usia dini di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho? (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan wayang boneka dalam meningkatkan kosakata pada anak usia dini di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho?. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui pemanfaatan wayang boneka untuk meningkatkan kosakata pada anak usia dini di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan wayang boneka dalam meningkatkan kosakata pada anak usia dini di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini: sumber data primer meliputi guru dan siswa KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho dan sumber data sekunder buku-buku dan jurnal terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian melakukan verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Pemanfaatan wayang boneka untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur dalam tahap perencanaan. Pelaksanaan pemanfaatan media wayang boneka akan menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan kosa katanya Pada tahap evaluasi perihal kesulitan mengikuti pembelajaran karena tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda. Adapun faktor pendukung dalam pemanfaatan wayang boneka pada pembelajaran penguasaan kosakata di KB Puspa Harapan Desa Sawahjoho antara lain: fasilitas pendukung media wayang boneka, materi yang menarik, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dan terdapat rasa persaingan antara peserta didik untuk bisa. Adapun faktor penghambat meliputi: ada beberapa anak yang masih terbata-bata, viii dan ada beberapa anak yang masih malu karena belum bisa membaca, serta ada beberapa anak yang masih belum fokus dalam pembelajaran media wayang boneka
23SK2324011.00 | SK PIAUD 23.011 DEW p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain