SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Baitul Muttaqin Desa Jajarwayang Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran luring merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tanpa mengandalkan akses internet dan dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung antara guru dengan peserta didik. Pembelajaran luring merupakan suatu pembiasaan baru dalam sistem pendidikan karena ada berbagai macam kebijakan-kebijakan yang perlu ditaati dalam melakukan pembelajaran luring ini. Aspek perkembangan kognitif AUD merupakan salah satu aspek yang dikembangkan dalam proses pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 karena aspek perkembangan kognitif peserta didik di TK Baitul Muttaqin Jajarwayang kurang berkembang dengan maksimal selama pembelajaran dilakukan secara online atau daring. Sehingga pembelajaran luring ini merupakan kesempatan yang bagus dalam memaksimalkan aspek perkembangan kognitif peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 dalam menumbuhkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini di TK Baitul Muttaqin Desa Jajarwayang Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran luring pada masa pandemi Covid 19 dalam menumbuhkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini di TK Baitul Muttaqin Desa Jajarwayang Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini ada dua yakni kegunaan secara teoritis dan kegunaan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan literatur akademika IAIN Pekalongan dan menjadi bahan acuan bagi peniliti lain terkait penelitian yang serupa. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan mampu menyumbang kajian keilmuwan bagi guru sekolah dan peserta didik tentang implementasi pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 dalam menumbuhkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini berupaya untuk memahami dan menafsirkan suatu fenomena yang terjadi dari sudut pandang penulis dan bertujuan untuk memperoleh pemahaman secara lebih jelas dan rinci mengenai suatu fenomena ataupun kejadian yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk narasi. xi Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 dalam menumbuhkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini di TK Baitul Muttaqin Desa Jajarwayang Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terdapat tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. sedangkan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 dalam menumbuhkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini di TK Baitul Muttaqin Desa Jajarwayang Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan datang dari lembaga sekolah, tenaga pendidik, peserta didik dan orang tua. Faktor pendukung ini muncul dari keantusiasan lembaga sekolah, tenaga pendidik, peserta didik dan juga orang tua dalam menyambut diberlakukannya kembali pembelajaran secara tatap muka (luring) pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan faktor penghambat datang dari perubahan sistem pembelajaran luring yang seringkali berubah-ubah yang juga berimbas pada lembaga sekolah, tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua.
23SK2324004.00 | SK PIAUD 23.004 TIT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain