SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi Penjualan, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen Muslim MRD_ID2 Pekalongan
Pada era modernisasi ini dengan majunya teknologi membuat masyarakat lebih terbuka pada pengetahuan global. Semakin banyak pesaing yang semakin kompetitif, menyebabkan para pelaku bisnis harus pandai menarik perhatian konsumen. Salah satu strategi yang dilakukan para pelaku bisnis yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi, arus informasi, dan pesatnya jaringan internet dengan melakukan perdagangan dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media yaitu e-commerce. Dari kemajuan teknologi yang sangat pesat dan signifikan mengakibatkan pola gaya hidup sangat berpengaruh, sehingga mendorong konsumen untuk melakukan tindakan pembelian spontan tanpa direncanakan sebelumnya. Terdapat beberapa faktor yang memungkinkan calon pembeli dapat melakukan pembelian tanpa terencana (impulsive buying) tersebut, diantaranya yaitu promosi penjualan, shopping lifestyle, dan hedonic shopping motivation. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh promosi penjualan, shopping lifestyle, hedonic shopping motivation terhadap impulsive buying khususnya konsumen muslim pada Mrd_id2 Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan, shopping lifestyle, dan hedonic shopping motivation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Kemudian secara simultan menghasilkan bahwa promosi penjualan, shopping lifestyle, dan hedonic shopping motivation berpengaruh terhadap impulsive buying pada konsumen muslim Mrd_id2 Pekalongan.
Kata kunci: Promosi Penjualan, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, dan Impulsive Buying
23SK2341046.00 | SK EKOS 23.046 TRI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain