SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi Periklanan, Personal Selling, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Tabungan Idul Fitri di BTM Kota Pekalongan
Minat adalah kecenderungan untuk menyampaikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek asal minat tersebut dengan disertai perasaan suka, mendefinisikan minat sebagai sebuah kecenderungan dalam diri seseorang yang tertarik pada sebuah obyek atau menyenangi sebuah obyek. Menabung merupakan gerakan yang dianjurkan oleh Islam karena menabung mengandung arti bahwa seorang muslim sedang merencanakan masa depan sekaligus menghadapi hal-hal yang mengganggu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Promosi Periklanan, Personal Selling, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Tabungan Idul Fitri Di BTM Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunggunakan pendekatan kuantitatif yang mana data primer diambil dari kuesioner yang diisi oleh responden. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan produk tabungan idul fitri yaitu tabungan fitri atau paseko di BTM Kota Pekalongan, dengan jumlah sampel 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22.0.
Hasil penelitian berdasarkan uji t, variabel promosi periklanan (X1) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah tabungan idul fitri di BTM Kota Pekalongan. Variabel personal selling (X2) secara parsial tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah tabungan idul fitri di BTM Kota Pekalongan. Variabel kualitas pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat menabung nasabah tabungan idul fitri di BTM Kota Pekalongan. Hasil uji f menunjukkan variabel promosi iklan, personal selling, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah tabungan idul fitri di BTM Kota Pekalongan.
Kata kunci: Promosi Periklanan, Personal Selling, Kualitas Pelayanan dan Minat Menabung
23SK2341042.00 | SK EKOS 23.042 ARM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain