SKRIPSI EKOS
Pengaruh Variety Seeking, Ketidakpuasan Konsumen, Dan Kelompok Referensi Terhadap Brand Switching Kosmetik Ke Merek Wardah (Studi Kasus Konsumen Muslim Produk Wardah Toko Afador Kosmetik Kajen)
Beragam merek kosmetik yang beredar meningkatkan persaingan dalam industri kosmetik. Konsumen dihadapkan oleh berbagai pilihan produk yang berakibat pada keputusan brand switching. Brand switching didasarkan karena sikap variety seeking, rasa ketidakpuasan, dan kelompok referensi. Produsen harus mampu menciptakan produk dengan kualitas unggul agar dapat menjaga loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari variety seeking, ketidakpuasan konsumen, dan kelompok referensi terhadap brand switching kosmetik ke merek wardah.
Jenis penelitian ini adalah field research menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Pengujian menggunakan analisis data regresi linear berganda dengan dibantu software SPSS 23.
Hasil penelitian bahwa variety seeking ditemukan nilai sig. 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan terhadap brand switching. Nilai sig. 0,002 < 0,05 pada ketidakpuasan konsumen yang artinya memiliki pengaruh signifikan terhadap brand switching. Kelompok referensi berpengaruh yang signifikan terhadap brand switching dengan nilai sig. 0,002 < 0,05. Sedangkan secara simultan, seluruh variabel terdapat pengaruh terhadap brand switching dengan nilai Fhitung 36.803 > nilai Ftabel 2,70.
Kata Kunci: Variety Seeking, Ketidakpuasan Konsumen, Kelompok Referensi, dan Brand Switching.
23SK2341032.00 | SK EKOS 23.032 ZUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain