SKRIPSI EKOS
Pengaruh Etika Bisnis Islam, Perceived Quality, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Coffee Beer (Kopi Soda) di Pekalongan (Studi Pada Konsumen Distributor Coffee Beer Pekalongan)
Berkembangnya zaman yang semakin pesat dan modern membuat dunia bisnis di Indonesia mengalami persaingan yang ketat, khususnya di dunia kuliner (minuman). Bisnis minuman (kuliner) merupakan salah satu bisnis yang persaingannya ketat dan berkembang pesat, banyak pengusaha yang sudah meraup keuntungan dari usaha kuliner ini, salah satu persaingan bisnis minuman (kuliner) adalah Coffee Beer. Bisnis yang profit tentunya berharap memenangkan pangsa pasar konsumen melalui keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh etika bisnis Islam, perceived quality, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian coffee beer di Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan konsumen distributor coffee beer di pekalongan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental dengan rumus Lameshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21 dan Eviews 9.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis Islam secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Perceived quality berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. variabel word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan etika bisnis Islam, perceived quality, dan word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Idealnya variabel word of mouth merupakan suatu strategi promosi yang dapat menumbuhkan kepercayan calon konsumen yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Namun, penelitian ini menemukan bahwa word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, saran bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti terkait hal tersebut.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Perceived Quality, Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian
23SK2341028.00 | SK EKOS 23.028 MUG p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain