TESIS PGMI
Pengembangan Lembar Penilaian Diri Berbasis Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Kompetensi Metakognitif Siswa MSI 17 Pabean Kelurahan Padukuhan Kraton Kota Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah, seperti kurangnya
sumber referensi lembar penilaian diri dalam buku guru siswa. Secara khusus, di
MSI 17 Pabean juga dijumpai permasalahan dalam pengetahuan metakognitif,
siswa belum pernah dilakukan penilaian dan hasil belajar yang tergolong rendah.
Hal tersebut didasarkan nilai ulangan selama semester genap tahun 2022, di mana
pada mata pelajaran matematika terdapat 19 siswa yang nilainya kurang dari
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 15 siswa untuk mata pelajaran IPA.
Selain itu, dalam penilaian, lembar penilaian diri jarang digunakan guru kelas VI.
Oleh karenanya, peneliti telah mengembangkan lembar penilaian diri berbasis
metode eksperimen dalam meiningkatkan kompetensi metakognitif siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: “Bagaimana peran lembar
penilaian di MSI 17 Pabean?”, “Bagaimana tingkat metakognitif siswa MSI 17
Pabean?”, “Bagaimana pengembangan lembar penilaian diri berbasis metode
eksperimen dalam meningkatkan kompetensi metakognitif siswa?”, dan
“Bagaimana efektivitas pengembangan lembar penilaian diri berbasis metode
eksperimen?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lembar penilaian
yang ada dan tingkat metakognitif siswa, kemudian mengembangkan lembar
penilaian diri berbasis metode eksperimen, serta menganalisis efektivitasnya.
Sehingga produk yang dihasilkan dapat menjadi salah satu sumber referensi dalam
pelaksanaan teknik penilaian diri, di mana teknik tersebut secara langsung dapat
meningkatkan kompetensi metakognitif siswa.
23TS2353006.00 | TS P.PGMI 23.006 MIF p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain