TESIS PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Literasi Sains Pada Materi Energi dan Perubahannya di Kelas III SDIT Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah dalam literasi,
seperti capaian PISA 2018 menunjukkan Indonesia menduduki posisi 10 terbawah
dari 79 negara yang berpartisipasi. Selain itu, di SDIT Gondang Wonopringgo
juga dijumpai permasalahan dalam literasi sains siswa kelas III. Hal tersebut
berdasarkan hasil belajar siswa selama semester genap tahun 2022, dimana pada
KD materi sains terdapat 10 siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM (nilai
75). Dalam pembelajaran, guru kelas juga masih jarang menggunakan media
pembelajaran, dan terkendala jika menggunakan media berbasis IT. Oleh
karenanya, dalam penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran pop-up
book berbasis literasi sains pada materi energi dan perubahannya di kelas III SDIT
Gondang.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana implementasi
media pembelajaran sains yang ada di SDIT Gondang?” dan “Bagaimana
perencanaan, pengembangan, penerapan, serta efektivitas penerapan media
pembelajaran pop-up book berbasis literasi sains di kelas III SDIT Gondang?”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi media
pembelajaran sains, kemudian mengembangkan media pembelajaran pop-up book
berbasis literasi sains pada materi energi dan perubahannya di kelas III SDIT
Gondang, serta menganalisis efektivitasnya. Penelitian ini ditujukan guna
memberikan sumbangsih wawasan pendidikan (kegunaan teoritis), maupun
sebagai bahan referensi pembelajaran untuk pihak yang terkait (kegunaan praktis).
23TS2353005.00 | TS P.PGMI 23.005 DIY p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain