SKRIPSI PBS
Pengaruh Kepercayaan, Koitmen, Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Anggota KSPPS SM NU Kesesi Kab. Pekalongan
Penelitian ini membahas mengenai Kepuasan dalam mempertahankan anggota yang sangat diinginkan keberadaannya. Kegiatan lembaga keuangan dalam pelayanannya harus mengutamakan rasa senang dan nyaman terhadap anggota yang dapat diwujudkan melalui pemberian pelayanan terbaik yang sesuai dengan keinginannya supaya rasa kepuasan anggota bertambah. Semakin melihat sempitnya dunia persaingan dalam berbisnis jasa, dengan demikian lembaga keuangan syariah diwajibkan lebih memaksimalkan strategi sesuai dengan target yang tujuannya untuk mencapai kepuasan anggota. Beberapa faktor yang melatarbelakangi kurangnya kelancaran sistem ataupun strategi yaitu mengenai kepercayaan, komitmen, dan relationship marketing yang mempengaruhi kepuasan anggota di KSPPS SM NU Kesesi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini sebanyak 1.502 anggota. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 94 anggota di hitung menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap variabel Kepuasan. Variabel Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan. Dan variabel Relationship Marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan. Kemudian besarnya hubungan antara variabel Kepercayaan, Komitmen, dan Relationship Marketing terhadap Kepuasan adalah 31,3% sedangkan sisanya 68,7% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti.
23SK2342019.00 | SK PBS 23.019 WIJ p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain