SKRIPSI PBS
Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Nasabah Tabungan BPRS HIK Bahari Cabang Batang)
Menabung merupakan perilaku penting bagi setiap anggota masyarakat karena menabung merupakan salah satu bentuk pendekatan untuk merencanakan masa depan yang lebih cerah. Dalam langkah meningkatkan minat masyarakat untuk menabung di bank syariah harus dibarengi dengan pengetahuan perbankan syariah. Pengetahuan perbankan syariah bisa diperoleh baik melalui pendidikan formal maupun informal. Minat masyarakat untuk menabung di bank syariah dapat dipengaruhi oleh macam-macam faktor, diantaranya yaitu literasi keuangan syariah, citra perusahaan, kepercayaan dan religiusitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun minat nasabah untuk menabung melalui literasi keuangan syariah, citra perusahaan, kepercayaan dan religiusitas di BPRS HIK Bahari Cabang Batang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 26 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan syariah, citra perusahaan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung di BPRS HIK Bahari Cabang Batang. Religiusitas mampu memoderasi literasi keuangan syariah terhadap minat nasabah untuk menabung di BPRS HIK Bahari Cabang Batang. Sedangkan religiusitas tidak mampu memoderasi citra perusahaan dan kepercayaan terhadap minat nasabah untuk menabung di BPRS HIK Bahari Cabang Batang.
23SK2342011.00 | SK PBS 23.011 ARD p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain