SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, Inklusi Keuangan Syariah Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan Menabung di Bank Syariah
Beberapa waktu terakhir perkembangan bank syariah mengalami kenaikan. Hal ini dapat dilihat dari prosentase market share perbankan syariah yang terus mengalami pertumbuhan yang positif. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah mulai berminat untuk menggunakan produk-produk dan jasa seperti produk tabungan bank syariah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang memilih untuk menabung di bank syariah dan sudah banyak yang meneliti mengenai faktor-faktor tersebut. Namun, dalam penelitian ini, peneliti mengambil empat variabel yang mempengaruhi minat menabung di bank syariah yaitu religiusitas, literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah dan pengetahuan produk.
Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil yaitu mahasiswa ekonomi syariah IAIN Pekalongan tahun angkatan 2016 dengan sampel sebanyak 107 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengambilan data yaitu kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t bahwa variabel religiusitas tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,378>0,05 dan nilai thitung sebesar 0,885 kurang dari nilai ttabel 1,983. Variabel literasi keuangan syariah tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,767>0,05 dan nilai thitung sebesar 0,297 kurang dari nilai ttabel 1,983. Variabel inklusi keuangan syariah tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,455>0,05 dan nilai thitung sebesar 0,750 kurang dari nilai ttabel 1,983. Variabel pengetahuan produk memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat menabung di bank syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000
23SK2341013.00 | SK EKOS 23.013 BAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain