SKRIPSI MD
Strategi Fundraising Dana ZIS Melalui Grebek Pasar untuk Pemberdayaan Peternakan Kambing pada Masyarakat Desa Sodong Oleh LAZISNU Batang
Lazismu Batang pada awal pengelolaan masih sederhana dan tradisional selain itu program-program juga belum tertata dengan baik manajemen yang ada kurang maksimal, serta program fundraising juga masih bersifat tradisional. Lazismu Batang sebuah lembaga amil zakat yang memiliki peran sangat penting di masyarakat dengan membantu masyarakat dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan menjalankan perannya sebagai penghimpun dana dan penyaluran dana zakat kepada masyarakat. Pada dasarnya semua lembaga memerlukan adanya strategi fundraising yang baik. Lazismu Batang menerapkan 4 strategi fundraising dan menerapkan 2 metode strategi fundraising. Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut : bagaimana strategi fundraising dana ZIS melalui grebek pasar untuk pemberdayaan peternakan kambing pada masyarakat desa sodong oleh Lazismu Batang? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi fundraising dana ZIS melalui grebek pasar untuk pemberdayaan peternakan kambing pada masyarakat desa sodong oleh Lazismu Batang?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi fundraising dana ZIS melalui grebek pasar untuk pemberdayaan peternakan kambing pada masyarakat desa sodong oleh Lazismu Batang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi fundraising dana ZIS melalui grebek pasar untuk pemberdayaan peternakan kambing pada masyarakat desa sodong oleh Lazismu Batang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus Lazismu Batang. Dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. data yang diperoleh kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam strategi fundraising pada Lazismu Batang sudah menerapkan 4 strategi fundraising yaitu strategi dialogue fundraising, multichannel fundraising, corporate fundraising, dan retention and development donor. Faktor pendukung strategi fundraising grebek pasar yaitu adanya program kaleng infaq, kedisiplinan pengurus, integritas dari Lazismu Batang, adanya pembayaran melalui rekening bank, brosur Lazismu Batang, media sosial.Sedangkan untuk faktor penghambat strategi fundraising grebek pasar yaitu banyaknya muzakki yang memberikan zakat, infaq, shadaqah secara langsung ke mustahhiq tanpa lembaga ZIS, kordinasi, banyaknya lembaga lembaga yang mengatasnamakan bantuan kemanusiaan, maraknya kasus penyelewengan dana sosial.
23SK2336004.00 | SK MD 23.004 LUT s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain