SKRIPSI KPI
Strategi Dakwah Menghadapi Korean Wave dalam Retorika Influener Dakwah Fuadh Naim di Youtube
Korean wave merupakan fenomena mengalirnya budaya populer Korea Selatan termasuk industry kreatif, fashion, kecantikan, masakan dan gaya hidup mereka ke dunia. Budaya Korean wave membawa dampak positif maupun negatif yang mempengaruhi remaja di Indonesia. Disinilah perlu adanya da’i yang mampu menyampaikan pesan dakwahnya dengan mengajak kepada kebaikan sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis. Begitulah influencer dakwah Fuadh Naim lakukan dalam dakwahnya memiliki metode hijrah dari Korean wave yang disampaikan kepada mad’unya dengan menggunakan media sosial youtubenya. Dari masalah tersebut maka penulis memaparkan pertanyaan bagaimana strategi dakwah yang dilakukan oleh Fuadh Naim untuk menyampaikan isi dakwahnya tentang Korean wave? Bagaimana retorika influencer dakwah Fuadh Naim dalam konten Korean wave di youtubenya? Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori retorika Aristoteles atau dikenal dengan formula segitiga retorika Aristoteles yang didalamnya menjelaskan tiga cara mempengaruhi manusia melalui ethos, pathos, dan logos. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Mile dan Huberman. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa Fuadh Naim dalam menjalankan strategi hijrahnya menggunakan pengalaman pribadinya sehingga mampu memahami bagaimana penyampaian dakwahnya kepada pecinta Korean wave. Selain itu Fuadh Naim menggunakan akun media sosial youtubenya untuk berdakwah agar pesan yang ia sampaikan bisa tersebar luas dengan mudah. Dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami mengingat target ia adalah remaja Indonesia atau pecinta Korean wave. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa Fuadh Naim menerapkan formula segitiga Aristoteles. Dengan dukungan dari kreadibilitas yang tinggi, Fuadh Naim mampu menarik emosional dan sisi rasional mad’u.
22SK2234069.00 | SK KPI 22.069 SAP s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain