SKRIPSI KPI
Metode Dakwah Qalam Melalui Program Tantangan Menulis 30 Hari KMO CLUB Indonesia
Dakwah melalui tulisan (dakwah bil qalam) dapat dilakukan dengan beragam bentuk, salah satunya ialah berupa karya sastra. Kini berdakwah secara tulisan memanfaatkan eksistensi media sosial dan dilakukan secara masif dan kolektif melalui adanya komunitas atau organisasi kepenulisan, sebagaimana dilakukan oleh Komunitas Menulis Online Club Indonesia (KMO Club). Mengingat jumlah masyarakat Indonesia yang menggunakan internet per Januari 2022 ialah sebanyak 204,7 juta, maka sebuah pergerakan dakwah bil qalam secara masif dan kolektif di media online perlu dilakukan. Selain itu, kehadiran sastra kini bukan hanya dimanfaatkan sebagai sarana eksistensi diri, melainkan sebagai media penyebaran dakwah Islam. Sehingga membutuhkan sebuah wadah yang berfungsi membentengi para penulis dalam menuliskan karya sastra mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsep metode dakwah bil qalam yang terdapat dalam program tantangan menulis 30 hari KMO Club Indonesia serta menganalisis nilai-nilai dakwah apa saja yang terkandung dalam program tantangan menulis 30 hari KMO Club Indonesia. Penelitian ini berjenis kualitatif lapangan dengan pendekatan analisis isi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara, yaitu wawancara, observasi partisipan, dan studi dokumen. Dalam menganalisis data penelitian dilakukan dengan dua cara. Pertama, menggunakan teori Miles dan Huberman untuk menganalisis pertanyaan nomer satu. Kedua, menggunakan analisis isi untuk menganalisis pertanyaan nomer dua. Hasil penelitian menunjukan bahwa program tantangan menulis 30 hari KMO Club Indonesia menerapkan dua konsep metode dakwah, yakni metode mau’izah hasanah dan Metode Mujadalah Bil Latiy Hiya Ahsan. Sementara nilai- nilai dakwah yang terkandung di dalamnya antara lain, nilai aqidah, syari’ah, dan akhlak. Nilai aqidah terdiri dari iman kepada Allah, iman kepada hari akhir, iman kepada yang gaib, dan iman kepada qada dan qadar. Nilai syari’ah ialah mu’amalah jual beli. Nilai akhlak terdiri dari kejujuran, tanggung jawab, rendah hati, pantang menyerah, amar ma’ruf nahi munkar, ikhlas, dan toleransi.
22SK2234066.00 | SK KPI 22.066 NIN m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain