SKRIPSI KPI
Strategi Komunikasi Dakwah pada Tarekat Qodariyah Wa Naqsabandiyah Suryalaya dalam Membangun Citra Positif di Mata Masyarakat Non Tarekat (Studi Kasus di Desa Pekajangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes)
Dakwah merupakan contoh dari komunikasi Islam yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam ajaran agama Islam. Tanpa dakwah, Islam tidak akan dikenal orang dan menyebar ke seluruh penjuru dunia seperti saat ini. Tema-tema yang dibawa dalam kegiatan dakwah beraneka ragam, salah satunya adalah tema tasawuf. Tema ini lah yang diusung oleh para penganut tarekat termasuk Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya di Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. TQN Suryalaya perlu mempunyai metode atau sarana dakwah yang efektif dan bijak kepada masyarakat non tarekat, mengingat keberadaannya yang masih baru di Desa Pakijangan. Untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah yang dilakukan TQN Suryalaya di Desa Pakijangan, peneliti membatasi skripsi ini pada dua poin rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan Tarekat Qodiriyah Wa Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya dalam membangun citra positif di mata masyarakat non tarekat di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes? 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah yang dilakukan Tarekat Qodiriyah Wa Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya dalam membangun citra positif di mata masyarakat non tarekat di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes? Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif dengan metode field research yaitu mengambil data secara langsung dari lapangan dengan mengikuti dan menyaksikan aktifitas dakwah yang dilakukan TQN Suryalaya di Desa Pakijangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1. Secara garis besar strategi komunikasi dakwah yang dilakukan TQN Suryalaya di desa Pakijangan yaitu strategi komunikasi dakwah yang menggunakan metode pengamalan amaliyah dan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan tanbih dari Mursyid Abah Anom. 2. Faktor pendukung dari strategi komunikasi dakwah TQN Suryalaya di desa Pakijangan adalah tarekat ini memiliki kekuatan dan peluang (S-O) sedangkan faktor penghambat dari strategi komunikasi dakwah TQN Suryalaya di desa Pakijangan adalah tarekat ini mempunya kelemahan dan ancaman (W-T).
22SK2234061.00 | SK KPI 22.061 SAP s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain