SKRIPSI KPI
Analisis Isi Dakwah pada Pemberitaan Citizen Journalism di Ruang Publik (Studi Rubrik Esai Media Kotomonoco)
Pemberitaan pada media massa mainstream lebih mengutamakan apa yang menjadi kepentingannya media, menyebabkan ketidaktersedianya fasilitas ruang yang cukup bagi masyarakat untuk ikut serta dalam produksi informasi untuk menyalurkan gagasan/ide pemikiran/keresahan yang dipikirkan atau dialami. Dari permasalahan tersebut mendorong citizen journalism menciptakan wadahnya sendiri yaitu media alternatif salah satu contohnya adalah media Kotomono.co. Melalui berbagai rubrik yang ada salah satunya rubrik Esai memungkinkan masyarakat dapat menyampaikan gagasan/aspirasi/informasi tentang berbagai tema, dari apa yang disampaikan tersebut memungkinkan mengandung nilai dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang dikemas dalam bentuk dakwah bil Qalam yang tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses produksi informasi yang dilakukan Kotomono.co pada rubrik Esai dan bagaimana isi dakwah pada rubrik Esai Kotomono.co. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti melakukan pengamatan visual langsung pada website Kotomono.co. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam menganalisis data, penulis melakukan analisis menggunakan analisis isi krippendorff, yang kemudian penulis dapat menarik kesimpulan dari analisis tersebut. Hasil dari penelitian ini terkait proses produksi informasi yang dilakukan Kotomono.co mencakup tahap pra produksi berupa perencanaan hanya dilakukan pada isu yang memiliki nilai berita yang kuat bagi masyarakat dan hanya dibuat oleh redaktur saja, tahap produksi berupa pembuatan berita yang dilakukan oleh kontributor dan redaktur,serta tahap pasca praduksi berupa evaluasi yang dilakukan setiap saat minimal satu minggu sekali dan setiap satu bulan sekali. Kemudian terkait hasil analisis yang dilakukan pada 7 sampel berita yang diambil dengan teknik purposive sampling menghasilkan bahwa berita yang dibuat citizen journalism secara isi mengandung nilai dakwah Islam yang mengajak kepada kebaikan dan mencegah perbuatan buruk yang disampaikan dengan memerhatikan tata cara atau etika komunikasi dalam menggunakan pengucapan atau perkataan yang sesuai dengan prinsip komunikasi Islam diantaranya qaulan ma’rufan, qaulan layyina, qaulan saddidan, qaulan karima dan qaulan baligha.
22SK2234050.00 | SK KPI 22.050 SAB a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain