SKRIPSI KPI
Respon Mitra Dakwah dalam Media Sosial pada Dakwah Ustadzah OKI Setiana Dewi
Penyesuaian keadaan dan perkembangan pada masyarakat yang menjadi sasaran dakwah menjadi hal penting pada saat berdakwah, hal tersebut dapat menjadi tolak ukur penilaian berupa respon dari masyarakat terhadap pesan dakwah yang disampaikan. Respon tersebut menjadi salah satu penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam dakwah. Terlebih dimasa perkembangan zaman seperti sekarang ini, kehadiran media teknologi memberikan kemudahan dalam pelaksanaan dakwah. Media teknologi dapat menjaikan dakwah didengar dan dilihat oleh siapapun dan dari manapun, maka penting menyesuaikan mitra dakwah (sasaran dakwah). Dalam penelitian ini pembahasannya adalah respon yang diberikan oleh mitra dakwah dan perumusan masalahnya sebagai berikut : Bagaimana metode dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi dalam media sosial dan Bagaimana respon mitra dakwah dalam media sosial pada dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu, guna mengetahui metode dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi di media soaial dan mengetahui respon mitra dakwah dalam media sosial pada dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Dalam memperoleh data yang diperlukan maka penulis melakukan proses pengumpulan data, yaitu dengan : observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menujukan bahwa dalam berdakwah Ustadzah Oki menggunakan metode Bil-Mau’izatul Hasanah yang bersifat dakwah Bil- Lisan. Dakwah dengan memberikan nasihat baik yang secara langsung beliau sampaikan kepada para mitra dakwah melalui media sosial. Ustadzah Oki juga menggunakan metode kisah atau Da’wah Bil Qashash, dengan bercerita dan menyampaikan sebuah kisah yang mengandung pesan, nilai dan moral agama. Analisis data menunjukan bahwa mayoritas responden memberi tanggapan dari dakwah Ustadzah Oki pada bagian penyampaian kisah yang diceritakan oleh Ustadzah Oki. Respon mitra dakwah dalam media sosial pada dakwah Ustadzah Oki terbagi menjadi tiga bagian: Pertama, respon negatif , sebagian mitra dakwah yang kurang setuju dengan dakwah yang disampaikan oleh Ustadzah Oki, berupa berupa kata-kata hujatan, sarkastis, dan menjatuhkan kandidat. Kedua, respon netral, sebagian mitra dakwah yang memberikan saran dan menyampaikan opininya dengan tidak condong kepada salah satu komentar yang bersifat positif atau negatif dan berada di tengah-tengah antara keduanya. Ketiga, respon positif, sebagian mitra dakwah yang merespon baik atas dakwah yang disampaikan dan tidak menjelek-jelekan dari postingan dakwah Ustadzah Oki, dan memberikan ungkapan-ungkapan yang mendukung dan membangun.
22SK2234043.00 | SK KPI 22.043 FAK r | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain