SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Client Centered Untuk Mengatasi Konflik Antar Siswa Kelas VII di MTS Al Innaroh Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya miss komunikasi dan mis interaksi yang dialami oleh siswa kelas VII di MTs Al-Innaroh Batang, sehingga mengakibatkan konflik secara verbal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan konflik, diantaranya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi proses adaptasi siswa dan belum saling memahami karakter antara satu sama lain, sedangkan fakor eksternal meliputi pengaruh perbedaan latar belakang keluarga budaya dan pengaruh media sosial. Sebelum konflik yang dialami oleh siswa semakin dalam dan meluas, guru BK melakukan layanan bimbingan kelompok dengan melalui teknik client centered. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok oleh guru BK dengan menggunakan teknik client centered dalam rangka mengatasi konflik antar siswa kelas VII di MTs Al-Innaroh Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan melalui pendekatan psikologis. Adapun subyek penelitian ini adalah guru BK sebagai konselor, wali kelas sebagai narasumber dan siswa sebagai konseli. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok siswa dengan menggunakan teknik client centered untuk mengatasi konflik antar siswa kelas VII di MTs Al-Innaroh Batang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: melalui tahapan-tahapan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik client centered yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran mampu mengatasi konflik antar siswa kelas VII di MTs Al-Innaroh Batang dengan didukung oleh standar kemampuan siswa dan guru BK.
22SK2235093.00 | SK BPI 22.093 IDR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain