SKRIPSI BPI
Peran Pembimbing Agama Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Anak-Anak Penghafal Al-Qur'an di Panti Asuhan YP Antik Pekalongan
Motivasi merupakan salah satu dorongan dari Pembimbing Agama kepada anak didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Seorang Pembimbing Agama Islam dalam menjalankan tugasnya harus mampu melakukan peran dalam menumbuhkan motivasi supaya anak-anak memiliki kemauan untuk mengikuti program menghafal Al-Quran. Motivasi dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah atau kendala dalam menghafal Al Qur’an. Beberapa kendala penghafal Al Qur’an ialah kesulitan dalam membaca makhrod dan tajwid dan kadang terjadinya rasa jenuh dan kurangnya motivasi bosan karena rutinitas sehari-harinya senantiasa mengikuti, mengulang, dan memperdengarkan hafalan Al-Quran sendirinya,lalu perhatian yang lebih tertuju terhadap urusan-urusan dunia, kemudian cara menghafal anak penghafal di mulai di ayat yang banyak dan dilakukan dengan singkat membacanya dan berpindah-pindah ke ayat padahal ayat yang sebelumnya belum kuat hafalanya, lalu ketika ia merasa dirinnya tidak menguasai hafalanya dengan baik maka santri akan malas menghafal lagi. Tujuan dari penelitian yang pertama adalah untuk mengetahui peran Pembimbing Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi anak - anak penghafal Al-qur’an di Panti Asuhan Y.P ANTIK Pekalongan. Untuk tujuan berikutnya untuk mengetahui motivasi anak anak penghafal Al-Quran di Panti Asuhan Y.P ANTIK Pekalongan. Untuk manfaat dari penelitian antara lain, secara teoritis memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu bimbingan dan penyuluhan Islam pada umumnya dan peran pembimbing agama pada khusunya, memperkaya referensi dan literatur kepustakaan dalam bidang bimbingan dan penyuluhan, dan memberikan hasil yang dapat dijadikan bahan acuan bagi penelitian yang sama atau sejenis pada tahap selanjutnya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,dengan mengambil latar Panti Asuhan di Y. P ANTIK Kota Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis yang di gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Motivasi anak-anak penghafal Al-Quran di Panti Asuhan Y. P ANTIK Pekalongan diawali dengan ada beberapa anak yang belum mengusai Al-Quran, dan adanya beberapa anak yang memiliki rasa ingin tahu cara menghafal. (2) Dalam peran Pembimbing Agama Islam untuk menumbuhkan motivasi, yaitu antara lain Sebagai pendidik dan pengajar, Sebagai anggota masyarakat, pembimbing berperan membangun interaksi, sebagai administrasi lembaga yang berkaitan dengan pendidikan, Sebagai pelaksana metode pembelajaraan.
22SK2235072.00 | SK BPI 22.072 FEB p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain