SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Konseling Behavior dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Slow Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bojong
Motivasi belajar dalam ranah pendidikan sangat penting untuk ada di dalam diri siswa terutama siswa yang mengalami slow learner. Motivasi belajar dapat mendorong siswa slow learner untuk selalu semangat dalam menempuh pendidikan. Untuk itu, mengatasi motivasi belajar pada siswa slow learner di SMP N 1 Bojong, guru BK memberikan konseling kepada mereka. Pelaksanaan konseling yang diberikan untuk mengembangkan motivasi belajar pada siswa slow learner di SMP N 1 Bojong yaitu dengan menggunakan pendekatan behavior dengan penguatan positif (reinsforcement positive) setiap perilaku baik yang ditunjukkan oleh siswa slow learner Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa slow learner di SMP N 1 Bojong?, 2) Bagaimana pelaksanaan konseling behavior dalam mengembangkan motivasi belajar siswa slow learner di SMP N 1 Bojong?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa slow learner di SMP N 1 Bojong, 2) untuk mengetahui pelaksanaan konseling behavior dalam mengembangkan motivasi belajar siswa slow learner di SMP N 1 Bojong. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan (field research. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Bentuk analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: siswa slow learner di SMP N 1 Bojong setelah diberikan konseling behavior mengalami peningkatan dalam motivasi belajarnya. Hal ini dilihat dari rajin berangkat sekolah dan mengumpulkan tugas yang diberikan kepada mereka. Tidak hanya itu, dengan adanya pelaksanaan konseling behavior ini dapat memperbaiki kemampuan membaca dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Dalam pelaksanaan konseling behavior dalam mengembangkan motivasi belajar siswa slow learner ini terdiri dari lima tahapan yaitu: assassment, goal setting, technique implementation, evaluasi, dan feedback
22SK2235071.00 | SK BPI 22.071 NIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain