SKRIPSI BPI
Strategi Bimbingan Agama dalam Mengurangi Dampak Negatif Penyalahgunaan Napza pada Remaja di Majlis Ta'lim "At-Taubah" Desa Karangdowo Kecamatan Kedungwuni
Remaja merupakan fase dimana seseorang memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap mental dan psikisnya. Seorang remaja akan mudah merasa stress karena berbagai masalah bahkan sampai frustasi dengan konflik yang sedang menimpanya. Sehingga peran orang disekitarnya mempunyai dampak yang kuat, baik itu keluarga maupun teman-temannya. Karena pada fase tersebut remaja sangat mudah untuk terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba yang sangat berbahaya dan tidak dibenarkan baik dari sisi hukum di Indonesia maupun hukum agama. Permasalahan yang dialami remaja di Desa Karangdowo Kecamatan Kedungwuni adalah kurangnya pengawasan dan dasar ilmu agama yang menjadikan mereka terjerumus pada penyalahgunaan napza. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan agama yang dilakukan Majelis Ta’lim At-Taubah dalam mengurangi dampak negatif penyalahgunaan napza. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder yang melalui proses pengumpulan data, penyajiain data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kondisi penyalahgunaan napza pada remaja di Desa Karangdowo, sebelum mengikuti bimbingan para remaja sangat mudah terpengaruh untuk menggunakan napza, hal itu dapat diketahui dari masyarakat yang sering menemui remaja dalam keadaan tidak sadar dan dibawah pengaruh napza. Setelah mengikuti bimbingan para remaja mengerti bahwa napza membawa dampak negatif bagi dirinya dan lingkungan yang ditinjau dari sudut pandang agama dan kesehatan, para remaja juga mulai gemar untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan berbaur dengan masyarakat.
22SK2235069.00 | SK BPI 22.069 DEM s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain