SKRIPSI BPI
Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di MTS Darul Hikmah Bulakamba
Motivasi belajar yang rendah akibat perasaan malu-malu dan kurang percaya diri pada siswa perlu dihadapi dengan melakukan berbagai cara agar dapat mengembangkan motivasinya dalam belajar. Melalui layanan bimbingan dengan teknik homeroom yang dilakukan dapat menciptakan suasana kekeluargaan, nyaman dan menyenangkan siswa akan lebih terbuka untuk menyampaikan pendapatnya. Hal tersebut dapat mengembangkan motivasi belajar siswa berdasarkan indicator-indikator dalam motivasi belajar menurut Hamzah B. Uno yang meliputi: 1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil, 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3) Adanya harapan dan cita-cita masa depan, 4)Adanya pengahrgaan dalam belajar atau apresiasi, 5) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, 6) Adanya lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman. Tujuan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dengan teknik homeroom dan untuk mengembangkan motivasi belajar siswa yang awalnya rendah menjadi lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom pada siswa kelas IX di MTs Darul Hikmah Bulakamba? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Darul Hikmah Bulakamba setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Homeroom?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan melalui pendekatan psikologis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom yang dilakukan sesuai dengan teori yang meliputi, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti (kegiatan) dan tahap pengakhiran; 2) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom yang dilakukan terbukti dapat membantu mengembangkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditandai dengan adanya keinginan untuk berhasil, semangat dalam belajar, lebih memiliki harapan dan mempu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman oleh para siswa. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom motivasi belajar siswa yang sebelumnya rendah mengalami perubahan lebih baik.
22SK2235068.00 | SK BPI 22.068 NAB i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain