SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Konseling Individu Berbasis Islami dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Kelas VII di MTS Rira'iah Wonokerto
Bullying merupakan sebuah hasrat untuk menyakiti, hasrat ini diperlihatkan dalam aksi,menyebabkan orang menderita.aksi ini dilakukan secara langsung oleh seseorang atau sekelompok yang lebih kuat dan tidak bertanggung jawab, biasanya berulang dan dilakukandengan perasaan senang.pelaksanaan konseling individu berbasis islam di MTs Rifa’iyah Wonokerto adalah memberikan informasi,konseling dan arahan yang diperlukan pesertadidik agar memiliki sikap sosial yang memadai terkhususnya tidak memiliki perilaku bullying terhadap teman satu kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku bullying yang dimiliki peserta didik, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi perilaku bullying siswa dan bagaimana pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi perilaku bullying siswa di MTs Rifa’iyah Wonokerto. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana dan apa-apa saja pelaksanaan konseling individu dalam mengatsi perilaku bullying siswa,data diperoleh dari sumber data primer yitu guru bimbingan konseling, dan siswa MTs Rifa’iyah Wonokerto, adapun pemilihan informan yang diperoleh dari data-data yang diberikan guru bimbingan konseling dan hasil observasi yang dilakukan peneliti,tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi dan dokumentasi yang berbentuk foto-foto, untuk menguji keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying yang dimiliki siswa kelas VII MTs Rifa’iyah Wonokerto sebagaian besar suka mengejek, mendorong, mengabaikan kehadiran orang lain, dan membentak orang lain. Pelaksanaan konseling individu mengatasi perilaku bullying siswa dengan cara metode diskusi dan membahas topik yang diberikan guru bimbingan konseling dan pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi perilaku bullying siswa yaitu dengan memberikan konseling individu yang berasal dari guru bimbingan konseling yakni tentang mengatasi perilaku bullying terhadap orang lain.memberikan konseling sesuai dengan kebutuhan peserta didik/konseli yaitu dalam hal mengatasi bullying, dengan memberikan topik-topik yang berkenaan dengan cara mengatasi bullying, meminimalisir bullying, cara mengatasi bullying dan xii memberikan contoh-contoh orang yang tidak memiliki perilaku bullying terhadap orang lain.
22SK2235066.00 | SK BPI 22.066 SAR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain