SKRIPSI BPI
Layanan Konseling Individual untuk Mengembangkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMKN 1 Cikarang Selatan
Penelitian ini membahas mengenai layanan konseling individual untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan. Namun di sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan masih banyak siswa yang belum bisa disiplin terlebih pada kedisiplinan belajarnya. Untuk itu dibutuhkan bagi siswa yang memerlukan bantuan dan menyelesaikan masalahnya dengan layanan konseling individual. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan (2) Bagaimana layanan konseling individual dalam mengembangkan kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptifdan metode kualitatif. Penelitian lapangan adalah dengan mengumpulkan data dari lapangan seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengkan penelitian kualitatif ini berperan menganalisis serta menyajikan fakta secara sistematis meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pada siswa memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Karena kurangnya kesadaran serta beberapa faktor yang mempengaruhi siswa tidak disiplin, seperti faktor keluarga, faktor lingkungan sosial dan teman sebaya serta faktor dalam diri siswa sendiri. Kurangnya disiplin belajar pada siswa ini diakibatkan karena tidak adanya indiktor pada diri suswa tersebut, indikator kedisiplinan menurut syafirudin dalam jamilin simbolon (2020:2) adalah sebagai berikut: 1) Ketaatan dalam tata tertib di sekolah dengan indikator: a. kehadiran siswa, b. penggunaan pakaian seragam sekolah dan c. lingkungan sekolah. 2) Ketaatan dalam kegiatan belajar di sekolah dengan indikator sebagai berikut: a. mengikuti dengan baik kegiatan pembelajaran di sekolah, dan b. aktif dalam kegiatan pembelajaran. 3) Ketaatan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran dengan indikator : a. mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, b. mengumpulkan tugas tepat waktu. Sehingga untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa harus dilakukan upaya agar siswa dapat memiliki ketiga indikator tersebut, kurangnya kedisiplinan pada belajarnya siswa tidak bisa dianggap remeh dan sangat diperhatikan oleh pihak sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan, karena jika kurangnya sikap disiplin belajar siswa akan mempengaruhi pretasi belajar siswa yang rendah. Untuk itu guru BK di sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan sigap dalam menghadapi dan membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi siswa dengan layanan konseling individual.
22SK2235064.00 | SK BPI 22.064 AZA l | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain