SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Peer Teaching dalam Kajian Nahwu dan Saraf Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) Periode 2022 Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya problematika mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang berlatarbelakang pendidikan formal dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya naḥwu dan ṣaraf. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Implementasi Metode Peer Teaching dalam Kajian Naḥwu dan Ṣaraf Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) Periode 2022 Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari Implementasi Metode Peer Teaching dalam Kajian Naḥwu dan Ṣaraf Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) Periode 2022 Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: ketua HMJ PBA Periode 2022, koordinator departemen bahasa, tutor kajian naḥwu dan ṣaraf, dan mahasiswa yang mengikuti naḥwu dan ṣaraf. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa implementasi metode peer teaching dalam kajian naḥwu dan ṣaraf di Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) Periode 2022 sangat baik dan bermanfaat karena memiliki tujuan yang sama dengan pembelajaran di dalam kelas, yaitu untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan bahasa Arab, dikarenakan kajian ini menjadi sarana belajar tambahan unutuk mewadahi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yang berlatarbelakang pendidikan formal dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya naḥwu dan ṣaraf. Tutor sebaya dalam kajian ini juga berperan sebagai motivator dan peran pengganti fungsi dosen yang mana tutor dilatih untuk menyampaikan materi yang telah ditentukan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sekaligus membimbing dan membantu kesulitan pembelajaran naḥwu dan ṣaraf yang dialami mahasiswa peserta kajian.
22SK2222073.00 | SK PBA 22.073 INS i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain