SKRIPSI PBA
Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira'ah Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Ath Thohiriyah Watusalam Buaran Kabupaten Pekalongan
Masalah yang sering ditemui dalam proses pengajaran bahasa Asing, khususnya bahasa Arab adalah pengayaan, metode dan strategi pembelajaran.Dari aspek materi, pengajaran bahasa Arab dikalangan dunia pendidikan Islam bukan sesuatu yang asing. Karena dalam lingkungan ini, bahasa Arab bukan hanya sering digunakan dan diungkapkan dalam berbagai aktifitas sehari-hari, seperti membaca al-Qur'an dan doa sehari-hari, namun juga sering digunakan sebagai ungkapan salam dan sebagainya. Akan tetapi dalam kenyataanya, pengajaran bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan. Oleh karena itu, guruBahasa Arabmemiliki peran untukmenerapkan strategi pembelajaran Bahasa Arab yang tepat pada mahārah qirā`ah dan diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan strategi pembelajaran bahasa arab mahārah qirā`ah peserta didik kelas VIII di MTs At Thohiriyah Watusalam Buaran Kabupaten Pekalongan, (2) Menjelaskan problematika yang dihadapi peserta didik dalam melaksanakan strategi pembelajaran bahasa mahārah qirā`ah, dan (3) Menjelaskan solusi yang dihadapi peserta didik dalam melaksanakan strategi pembelajaran Bahasa Arab mahārah qirā`ah. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā`ah pada peserta didik kelas VIII di MTs Mahir Watusalam menggunakan strategi pembelajaran langsung. Dimana guru menyampaikan dan menjelaskan materi terlebih dahulu kepada peserta didik dengan metode ceramah dan diskusi. (2) Problematika mahārah qirā`ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Mahir Watusalam yaitu berbagai faktor yang melatar belakangi problematika mahārah qirā`ah antara lain adanya perbedaan latar belakang masing-masing dari peserta didik. Ada yang dari MI maupun dari SD.(3) Solusi yang digunakan oleh guru Bahasa Arab MTs Mahir Watusalam yaitu dengan menggunakan menggunakan metode yang cocok dengan mahārah qirā`ah, supaya dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam membaca teks-teks Bahasa Arab yang diberikan oleh pendidik dan juga membantu peserta didik yang latar belakangnya dari SD atau yang belum ada bekal Bahasa Arab.
22SK2222072.00 | SK PBA 22.072 NUR s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain