SKRIPSI PBA
Pembelajaran Qawaid Nahwu untuk Maharah Qira'ah Santri Kelas Sifhir Pondok Pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Kota Pekalongan
Skripsi ini membahas tentang pembelajaran qawā’id nahwu untuk mahārah qirā’ah, tidak semua santri kelas sifhir di Pondok Pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah pernah belajar qawā’id nahwu, sebagian juga belum pernah mengenal Bahasa Arab, karena tidak semua santri berasal dari pendidikan agama seperti pernah mondok atau dari madrasah, MTs maupun MA. Untuk mempermudah santri dalam mempelajari, memahami bahasa Arab maupun membaca teks Arab, perlu adanya pembelajaran qawā’id nahwu agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena berhasil tidaknya sebuah pencapaian tergantung pembelajaran yang diterapkan. Apalagi dalam pembelajaran qawā’id nahwu, yang mana pembelajaran qawā’id nahwu tidaklah mudah dan terkadang menjenuhkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran qawā’id nahwu untuk Mahārah Qirā’ah santri kelas sifhir Pondok Pesantren Al Masyhad Manba’ul Falah? 2) apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran qawā’id nahwu untuk mahārah qirā’ah santri kelas sifhir Pondok Pesantren Al Masyhad Manba’ul Falah? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer iailah ustadz dan santri dan sekunder berupa buku, jurnal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: pertama pembelajaran qawā’id nahwu untuk mahārah qirā’ah sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam pembelajaran untuk santri sehingga memudahkan santri memahami maupun membaca teks Arab, kedua terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran qawā’id nahwu untuk mahārah qirā’ah, kelebihanya yaitu: mempermudah kalimat yang sulit difahami, materi yang sering diulang-ulang sehingga memantapkan pemahaman santri dan memberikan kesadaran kepada santri untuk belajar sendiri, sedangkan kekurangannya ialah: Kurang disiplin, rasa membosankan dan latar belakang pendidikan santri yang berbeda.
22SK2222065.00 | SK PBA 22.065 HAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain