SKRIPSI PBA
Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII Di MTS Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan Tahun 2022/2023
Kesulitan belajar adalah kondisi dimana siswa mengikuti proses pembelajaran tertentu dan siswa menghadapi hambatan tertentu, sehingga siswa mendapatkan pembelajaran yang terbaik. Kesulitan belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut bisa muncul dari segi linguistik maupun non linguistik. Permasalahan yang diungkap adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran mahārah kitābah dan faktor-faktor kesulitan belajar serta solusi dalam kesulitan belajar. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mahārah kitābah, dan memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mahārah kitābah siswa kelas VIII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan berjalan dengan baik meskipun ditemukan ketidaksesuaian meliputi, pelaksanaan, materi serta tujuan pembelajaran. Adapun faktor-faktor kesulitan belajar adalah faktor linguistik terdiri dari tulisan, kosakata dan struktur bahasa (tata bahasa). Sedangkan non linguistik meliputi faktor pembelajar, faktor pengajar dan faktor fasilitas.
22SK2222063.00 | SK PBA 22.063 AMR a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain