SKRIPSI PBA
Implementasi Pembelajaran Kitab Al-Ajurumiyyah dengan Pemaknaan Arab Pegon Santri Putri Kelas Wustho Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Syafi'I Akrom Jenggot Kota Pekalongan
Penelitian inti bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah dengan pemaknaan Arab Pegon di Madrasah Diniyah Syafi’i Akrom yang dilaksanakn di tingkat wustho. Mengetahui pengaruh penggunaan Arab Pegon dalam memahami ilmu nahwu dalam kitab al-Ajurumiyyah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah dengan pemaknaan Arab Pegon santri putri kelas wustho Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Jenggot Kota Pekalongan? 2) Apa kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah dengan pemaknaan Arab Pegon santri putri kelas wustho Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Jenggot Kota Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah? 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah dengan pemaknaan Arab Pegon santri putri kelas wustho Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Jenggot Kota Pekalongan, 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah dengan pemaknaan Arab Pegon santri putri kelas wustho Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Jenggot Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubermen. Hasil dari penilitian implementasi pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah dengan pemaknaan Arab Pegon santri kelas wustho Madrasah Diniyah Syafi’i Akrom Kota Pekalongan sudah berjalan dengan baik dimana ustadz mampu membacakan dengan Arab Pegon dan penjelasannya yang sering disertai contoh kalimat dan terdapat evaluasi setiap selesai pembelajaran. Tujuan pembelajaran kitab al-Ajurumiyyah itu sendiri agar santri mampu memahami kaidah-kaidah ilmu nahwu, mengetahui kosa kata bahasa Arab. Pembelajaran al-Ajurumiyyah di kelas wustho dilakukan setiap satu minggu sekali selama satu jam pelajaran dimulai dari jam 20.00-21.00 WIB, evaluasi biasa dilakukan dengan tes lisan berupa hafalan maupun tes tulisan berupa ulangan akhir semester. Kelebihan pemaknaan Arab Pegon yaitu santri dapat mengetahui kedudukan kalimat dan menambah kosa kata bahasa Arab. Kemudian kekurangannya yaitu banyak santri yang belum menguasai bahasa sasaran, kesulitan dalam penulisan Arab Pegon dan membutuhkan waktu yang lama.
22SK2222061.00 | SK PBA 22.061 AFI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain