SKRIPSI PBA
Gradasi Materi Fi'il dalam Buku Lisanul Jami'ah Fii Al-Arabiyah Sahlah
Mahasiswa baru mengalami kesulitan belajar bahasa Arab seperti dalam hal membaca, menulis, mendengarkan, berbicara. Karena ada beberapa mahasiswa yang lulusan dari SMA/SMK sehingga bahasa Arab yang didapat masih kurang. Sehingga muncul inovasi belajar bahasa Arab menggunakan buku al-Arabiyah Baina Yadaik. Akan tetapi, seiring bergantinya waktu al-Arabiyah Baina Yadaik dirasa materinya cukup banyak sehingga mahasiswa kurang berminat untuk mempelajari bahasa Arab. Maka disusunlah buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah yang ditulis oleh Ahmad Assegaf, Jauhar Ali, dan Muhammad Yusron. Buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah terdiri dari 12 dars. Pada dars pertama sampai akhir disajikan dengan percakapan-percakapan berbahasa Arab, mufradat disertai gambar-gambar dan latihan-latihan soal yang mengarah pada maharah. Pembahasan Fi’il pada buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah disajikan pada dars II sampai dars XI. Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: Bagaimana gradasi materi bahasa Arab yang terdapat dalam buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah?, bagaimana gradasi materi fi’il yang terdapat dalam buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gradasi materi bahasa Arab yang terdapat dalam buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah, untuk mengetahui gradasi materi fi’il yang terdapat dalam buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gradasi yang digunakan dalam buku Lisanul Jami’ah Fii al-Arabiyah Sahlah jika ditinjau dari jenis gradasinya menggunakan jenis gradasi putar. Sedangkan jika ditinjau berdasarkan kategori kebahasaan menggunakan gradasi nasional-fungsional dimana penyajian materi selalu memadukan antara Semantic Gramatical, Modal Meaning, dan Communicative Function.
22SK2222050.00 | SK PBA 22.050 FAD g | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain