SKRIPSI PBA
Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII MTS Al Utsmani Menggunakan Model Flipped Classroom
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas VIII MTs al Utsmani terkait penyelesaian matematika permasalahan kontekstual. Hal tersebut menunjukkan tingkat kepahaman peserta didik terhadap pembelajaran literasi matematika perlu untuk ditingkatkan. Selain itu, pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih terpusat pada guru. Dengan pembelajaran yang terpusat pada guru, pembelajaran matematika tidak tercapai secara maksimal. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di MTs Al Utsmani serta men gevaluasi kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di MTs Al Utsmani dalam pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Diharapkan hasil dari penelitian ini menjadi alternatif pengelolaan kelas yang dapat dilakukan dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan terkhusus pendidikan matematika. Penelitian ini termasuk dalam Pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan Uji paired sample T test . Adapun designpenelitian yang digunakan berupa One group pretest and posttest , dimana data diambil dari hasil observasi kepada guru dan peserta didik, pretest dan posttest pada peserta didik kels VIII B MTs al Utsmani. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa, pembelajaran matematika berbasis etnomatematika kelasa VIII MTs al Utsmani menggunakan model flipped classroom dihasilkan rentang skor 81% - 100% dengan skor keterlaksanaan aktivitas guru 85,7 % dan aktivitas siswa 81,67%. Oleh sebab itu, disimpulkan keterlaksanaan model pembelajaran model flipped classroom dengan muatan etnomatematika termasuk dalam kategori sangat baik. Kemampuan literasi matematika siswa di MTs al Utsmani mengasilkan rata-rata posttest 41,20 > rata-rata pretest 21,24. Adapun, nilai yang sering muncul (modus) pretest = 12 . Adapun peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTs al Utsmani sebesar 23,75%.
22SK2222049.00 | SK PBA 22.049 SHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain