e-BOOK
Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan
Daftar Isi :
BAB I. PENDAHULUAN, berisi : A. Pendidikan dan Perubahan ; B. Pendidikan Nasional Masa Kini ; C. Keniscayaan dalam Membenahi Pendidikan ;
BAB II. KONSEP DASAR INOVASI, berisi : A. Pengertian Inovasi ; B. Antara Penemuan, Pengembangan, dan Penyebaran, seperti : 1. Invention (Penemuan) ; 2. Development (Pengembangan) ; 3. Diffusion (Penyebaran) ; C. Karakteristik Inovasi ; D. Pentingnya Inovasi ; E. Faktor Pendorong Inovasi ;
BAB III. HAKIKAT INOVASI PENDIDIKAN, berisi : A. Pengertian Inovasi Pendidikan ; B. Urgensi Inovasi dalam Pendidikan ; C. Manfaat Inovasi Pendidikan ; D. Sasaran Program Inovasi Pendidikan ;
BAB IV. IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH, berisi : A. Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah ; B. Eksisten Manajemen Berbasis Sekolah ; C. Kebijakan MBS sebagai Inovasi Pendidikan ;
D. Implementasi MBS ; E. Penerapan Model MBS di Sekolah, seperti : 1. Pemberian Otonomi Daerah ; 2. Meningkatkan Partisipasi Aktif Masyarakat ; 3. Mendorong kepemimpinan Kepala Sekolah yang kuat ;
4. Proses Pengambilan Keputusan yang Demokratis ; 5. Bimbingan Proporsional dari Satuan Atasan ; 6. Diarahkan untuk Pencapaian Kinerja Sekolah ; 7. Sosialisasi Secara Terus Menerus ;
F. Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah.
BAB V. KEBIJAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN, berisi : A. Pengertian Kurikulum ; B. Komponen Kurikulum ; C. Landasan legal KTSP ; D. Landasan Filosofis dan Teoritis KTSP ; E. Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, seperti : 1. Komponen dan Acuan Operasional Penyusunan KTSP ; 2. Struktur dan Muatan KTSP ; F. SK/KD PAI di SD/MI
BAB VI. KEBIJAKAN STANDARISASI PENDIDIKAN, berisi : A. Standarisasi dan Pendidikan ; B. Kualitas dan Standarisasi Pendidikan ; C. Standarisasi Pendidikan : Suatu Keniscayaan ; D. Pendidikan Nasional : Perlu Pembaharuan ; E. Standarisasi dan Profesionalisme Guru
BAB VII. KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU, berisi : A. Dinamika Pendidikan Masa Kini ; B. Standar Kompetensi Guru, seperti : 1. Tanggungjawab Guru ; 2. Peran dan Fungsi Guru ; C. Sertifikasi Guru
BAB VIII. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER, berisi : A. Fenomena Sosial Kontemporer ; B. Pembangunan Karakter Bangsa ; C. Pendidikan Karakter, seperti : 1. Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter ; 2. Nilai-Nilai dan Pilar Karakter ; 3. Tujuan Pendidikan Karakter ; D. Perspektif Pendidikan Islam ; E. Strategi Pembelajaran untuk Pendidikan Karakter, seperti : 1. Model Konsiderasi ; 2. Model Pengembangan Kognitif ; 3. Teknik Mengklarifikasi Nilai ; 4. Living Values Education (LVE) ;
00399 | 371.12 SYA i | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain