e-BOOK
Internet untuk Administrasi Pemerintahan Desa
Daftar Isi E-Book :
Bagian.1 : Mengenal Administrasi Pemerintah Desa, berisi : A. Pemerintahan Desa ; B. Apa Itu Administrasi Pemerintahan Desa? ; C. Model Buku Administrasi Desa ;
Bagian.2 : Pemanfaatan Internet untuk Administrasi Desa, berisi : A. Apa Manfaat Internet dalam Administrasi Desa? ; B. Pentingkah Digitalisasi Administrasi Desa? ;
Bagian.3 : Aplikasi Pendukung Administrasi Desa
A. OpenSID adalah aplikasi untuk mengelola informasi serta mendukung tugas dan fungsi yang berkaitan dengan kantor desa, seperti administrasi kependudukan, pelaporan, perencanaan, pengelolaan aset, layanan publik, dan pengelolaan anggaran.
B. Digital Desa (DIGIDES), adalah Aplikasi administrasi desa yang satu ini dapat digunakan secara mandiri oleh perangkat desa. Digital Desa (Digides) merupakan aplikasi yang mendukung fungsi dan tugas kantor desa. Contohnya, administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan aset, pengelolaan anggaran, aplikasi pelayanan desa, sampai dengan aplikasi surat-menyurat desa, dan profil desa. Dengan fitur-fitur seperti Administrasi Umum, Administrasi Penduduk, Administrasi Keuangan, Administrasi Pembangunan, Administrasi Kelembagaan ; Pelayanan Desa, berisi : Layanan Umum baik Surat Keterangan atau Permohonan Izin, Layanan Kependudukan, Layanan Nikah, Layanan Pertanahan ; Bantuan Sosial Desa ; Perpajakan Desa ; Website Profil Desa adalah Aplikasi Digides menawarkan agar tiap desa memiliki dan memaksimalkan halaman website profil desa yang memuat berbagai konten menarik dan penting untuk dibaca, mulai dari profil pemerintahan, publikasi kegiatan, data statistik, sampai dengan potensi wisata yang dimiliki oleh desa.
C. SIMPELDESA, adalah : Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Desa yakni sebuah aplikasi berbentuk web base atau dashboard yang sudah terintegrasi dalam bentuk apps untuk memudahkan pelayanan, interaksi administrasi, serta usaha desa antara masyarakat dan pemerintah desa.
D. Pengolahan Administrasi Digital, adalah : DESA (PADE) PADE disediakan untuk sekretaris desa dan para kepala urusan (kaur). Setelah memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang dimiliki, pengguna akan masuk pada beranda aplikasi yang menyediakan beberapa menu, yaitu pengaturan, data induk, pelayanan administrasi, laporan penduduk, dan restore data.
E. SIMAK Desa, adalah : Sistem Informasi Manajemen dan Administrasi Kependudukan Desa (SIMAKDesa) merupakan software/aplikasi yang berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat, sesuai Aplikasi Pendukung Administrasi Desa dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Administrasi Pemerintahan Desa.
F. Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMADE), adalah : Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMADE) merupakan sistem informasi yang mengakomodasi sebagian besar kegiatan administrasi di kantor desa, mulai dari mutasi data keluarga, daftar nama pemilih, pembuatan surat, laporan penduduk bulanan, hingga pencatatan dan pembuatan kartu bagi penduduk pendatang.
G. Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI), adalah : Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI) adalah aplikasi yang mempercepat dan mempermudah pekerjaan perangkat desa terkait pembuatan atau pengurusan surat-menyurat di tingkat desa.
00372 | 659.285 ADE i | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain