SKRIPSI IAT
Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur'an di Ma'had Tahfidzul Al-Qur'an Al-Irsyad Pekalongan
Hasil penelitian dengan penerapan menggunakan metode Talaqqi di
Ma’had Tahfidzul Al-Qurʻān Al-Irsyad Pekalongan dilakukan pada jam
07.30-10.30 WIB untuk proses murajaah (mengulang hafalan yang sudah
didapat) dan 15.30-17.00 WIB untuk proses ziyadah (menambah hafalan).
Yaitu di bagi perkelompok lalu asatidzah yang membimbing membacakan
terlebih dahulu ayat nya, lalu diikuti oleh santriwati. Selanjutnya santriwati
dapat melakukan kegiatan menghafal secara mandiri, menyetorkan hafalan
masing-masing kepada asatidzah secara individual dengan cara tatap muka.
Dan pada tahap ujian, yang terbagi menjadi Setiap bulan, Setiap enam bulan
(semester ), dan Ujian akhir (khataman). Untuk faktor pendukung metode
talaqqi yaitu Dikoreksi langsung oleh para asatidzah, Latar belakang
Kompetensi asatidzah, dan terciptanya hubungan yang harmonis.
Sedangkan untuk faktor penghambat metode talaqqi dalam menghafal Al-
Qur’an yaitu Terjadi hal minder ataupun malu antar sesama santriwati,
Memerlukan waktu yang banyak, Menimbulkan rasa bosan, dan
menimbulkan rasa grogi.
22SK2231016.00 | SK IAT 22.016 KAR m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain