SKRIPSI PGMI
Penerapan Model, Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik (VAK) Sebagai Upaya Guru dalam Memfasilitasi Perbedaan Gaya Belajar Peserta Didik kelas B di SD Negeri 01 Klunjukan Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK dilakukan melalui tiga tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanan, dan evaluasi. Dalam tahapan pelaksanaan ada tiga kegiatan yaitu: a) kegiatan pendahuluan yang meliputi: salam dan do’a, memberikan apersepsi dan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan memberi penjelasan langkah-langkah pembelajaran dengan model VAK, b) kegiatan inti meliputi: penyampaian materi secara visual dan auditory yang ditampilkan menggunakan media pembelajaran powerpoint, pelatihan dengan praktik percobaan terkait materi pelajaran IPA serta diskusi kelompok menjawab pertanyaan pada lembar kerja siswa, penampilan hasil dengan presentasi hasil diskusi kelompok, c) kegiatan penutup meliputi: refleksi, kesimpulan, doa, dan salam. Sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan model pembelajaran VAK sebagai upaya guru dalam memfasilitasi perbedaan gaya belajar peserta didik kelas 5 B di SDN 01 Klunjukan sebagai berikut: faktor pendukung: 1) siswa yang kooperatif, 2) suasana mendukung pembelajaran, 3) sarana dan prasarana yang memadai, 4) kesiapan guru dalam mengajar, faktor penghambat: 1) waktu pembelajaran yang terbatas, 2) guru kurang dapat mengelola kelas, 3) masih terdapat siswa yang kurang berpartisipasi dalam pembelajaran.
22SK2223120.00 | SK PGMI 22.120 MAH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain