Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa KelasAtas di MSI 19 Kebulen Kota Pekalongan
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku bullying yang terjadi di MSI 19 Kebulen berupa tindakan bullying verbal, yang dilakukan siswa dengan cara menghina korbannya menggunakan kata-kata yang bersifat merendahkan dan peran Guru Kelas di MSI 19 Kebulen Kota Pekalongan dalam mengatasi perilaku bullying dilaksanakan dengan sangat baik. Sebagai pembimbing guru melaksanakan bimbingan dengan dua cara, yakni: bimbingan secara klasikal dan bimbingan secara individual. Bimbingan secara klasikal berbentuk pengarahan dan nasehat yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung. Bimbingan secara individual dilakukan guru dengan cara memanggil korban dan pelaku secara bergantian dan dilakukan sesuai pembelajaran selesai. Sebagai penasehat guru memberikan saran dan nasihat kepada pelaku dan korban baik secara individu maupun secara kelompok sehingga nasihat dapat dijadikan pembelajaran bagi semua siswa. Hasil dari peran guru dalam mengatasi bullying sangat besar yaitu pembelajaran dapat berjalan kondusif dan perilaku bullying yang dilakukan siswa secara perlahan menghilang dan siswa menjadi lebih menghargai perbedaan siswa yang lain.
22SK2223113.00 | SK PGMI 22.113 SAA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain