SKRIPSI PGMI
Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD Negeri 02 Percakapan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Hasil penelitian menunjukan: 1) Motivasi belajar siswa SD Negeri 02 Pecakaran baik, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor angket motivasi belajar siswa sebesar 61,77 yang terletak pada interval 57,75 – 68,25. Hasil belajar kognitif siswa SD Negeri 02 Pecakaran baik, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor tes hasil belajar kognitif 28,34 yang terletak pada interval 27,5–32,5. Berdasarkan uji t dipeoleh tingkat signifikansi variabel motivasi belajar (x) adalah 0,001. Nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan niliai thitung 19,582 > 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh signifikan positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. 2) Berdasarkan hasil R Square (R²) diperoleh hasil sebesar 0,865. Nilai tersebut menunjukan bahwa pengaruh variabel motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar kognitif siswa (Y) sebesar 86,5% dan 13,5% adalah pengaruh lain.
22SK2223105.00 | SK PGMI 22.105 SUS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain