SKRIPSI PGMI
Peran Kompetensi Profesional Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kompetensi profesional guru serta peran kompetensi profesional guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen atau arsip sekolah yang ada di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi Profesional Guru di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan beberapa sudah memenuhi kriteria namun belum sepenuhnya memenuhi kriteria komptensi profesional guru., 2) Kemampuan berpikir kritis siswa cukup baik dalam memecahkan suatu masalah, kemampuan menyeleksi informasi, kemampuan mengenali asums-asumsi, kemampuan merumuskan hipotesis, dan kemampuan menarik kesimpulan. Namun ada perbedaan kemampuan berepikir kritis siswa pada kelas tingkat bawah dan atas. 3) Peran kompetensi profesional guru terhadap kemampuan berpikir siswa melalui metode Tanya jawab, metode afirmasi dan metode bercerita dan memebrikan stimulus berupa pertanyaan agar siswa dapat memberikan tanggapan jawabannya dan juga melalui diskusi kelompok kecil berisi 4-5 anak yang membahas mengenai permasalahan sesuai dengan materi yang sedang diajarkan.
22SK2223101.00 | SK PGMI 22.101 SYA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain