SKRIPSI PGMI
Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MI Raudlatus Sibyan Desa Benda Sirampog Brebes
Hasil penelitian menunjukkan pembentukan karakter religius melalui ekstrakurikuler pramuka di kelas V MI Roudlatus Sibyan Desa Benda Sirampog Brebes cukup baik. Pertama, pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan di MI Roudlatus Sibyan Desa Benda Sirampog Brebes yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua, proses pembentukan karakter religius melalui ekstrakurikuler pramuka di MI Roudlatus Sibyan Desa Benda Sirampog Brebes, yaitu Kegiatan Berdo’a Sebelum Dan Sesudah Melaksanakan Kegiatan, Kegiatan Menciun Tangan Guru Mencium tangan, Kegiatan Bertukar Salam Dengan Pembina Atau Sesama Anggota, Menjaga kebersihan lingkungan atau tempat latihan, Mensyukuri Kesehatan Diri, Kegiatan tadarus al quran bersama sama di pimpin oleh pembinanya. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung internal meliputi Pembina pramuka dan Kepala sekolah, kesadaran dan motivasi diri siswa, dana, sarana, dan prasarana, sedangkan faktor eksternal meliputi dukungan orang tua siswa dan dukungan dari masyarakat sekitar. Kemudian faktor penghambat internal meliputi kurangnya minat siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi pengaruh teman untuk membolos.
22SK2223083.00 | SK PGMI 22.083 RID i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain