SKRIPSI PGMI
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan di MI Salafiyah Karanganyar 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui program pembiasaan. Pembiasaan diantaranya adalah: membaca do’a sebelum dan sesudah kegiatan belajar, melaksanakan sholat berjamaah, mengucapkan salam dan perkataan yang baik, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, membiasakan berdiskusi ketika pembelajaran di kelas atau di luar kelas, mengisi kotak infaq, khataman qur’an kamis wage, gerakan literasi sekolah. Faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan karakter melalui program pembiasaan madrasah ibtidaiyah salafiyah Karanganyar 01 ada dua yaitu: Faktor endogen berasal dari dalam individu siswa itu sendiri yang dapat mempengaruhi karaktersiswa-siswi. Faktor eksogen adalah faktor yang berasal dari luar individu siswa tersebut yang dapat mempengaruhi karakter siswa-siswi. Faktor-faktor yang menghambat pembentukan karakter yaitu kondisi siswa yang belum sepenuhnya mampu menerapkan karakter yang baik sesuai dengan harapan orang tua maupun sekolah dalam kesehariannya, baik di masyarakat maupun di kelas dan karakteristik siswa yang berbeda dan masih belum optimalnya nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan oleh siswa dalam pembelajaran mengakibatkan guru harus memberikan metode dan penanganan yang sesuai dengan pendidikan karakter
22SK2223062.00 | SK PGMI 22.062 TAD i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain