SKRIPSI PGMI
Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS NU 01 Batang Tahun Ajaran 2021/2022
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan dalam penelitian ini antara lain : (1) Bagaimana cara penerapan metode hafalan pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU 01 Batang ? (2) Bagaimana pengaruh penerapan metode hafalan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU 01 Batang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode hafalan pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU 01 Batang, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode hafalan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa di MTs NU 01 Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Untuk jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam pengolahan data menggunakan metode manual dan dengan bantuan program SPSS for windows 22.0. Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan di MTs NU
01 Batang adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan metode hafalan pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII tahun ajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat ditunjukkan melalui nilai ttes > ttabel (3,326 > 1,72472) pada tingkat signifikansi 5%. Dan untuk besar pengaruh antara variabel independen (metode hafalan pada mata pelajaran akidah akhlak) terhadap variabel dependen (hasil belajar kognitif siswa) adalah sebesar 38,6%.
22SK2223061.00 | SK PGMI 22.061 PUJ p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain