SKRIPSI PGMI
Hubungan antara Kebiasaan Sarapan Pagi Bergizi dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III MI Darul Ulum Batang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan pagi bergizi pada siswa kelas III tergolong sangat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 32,71. Nilai rata-rata 32,71 tersebut berada dalam kelas interval X > 32,5 (sangat baik). Sedangkan Keaktifan belajar pada siswa kelas III tergolong sangat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 34,0. Nilai rata-rata 34,0 tersebut berada dalam kelas interval X > 32,5 (sangat baik). Selain itu, hasil dari penelitian ini juga menunjukkan adanya xi hubungan yang cukup kuat antara kebiasaan sarapan pagi bergizi dengan keaktifan belajar pada siswa kelas III MI Darul Ulum Batang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan Spearman Rank mendapatkan hasil yang signifikan 0,562. Hasil nilai tersebut berada pada kriteria tingkat korelasi 0,40 – 0,599 yaitu
cukup, dengan artian bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara kebiasaan sarapan pagi bergizi dengan keaktifan belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 40%, yang berarti 40% variabel dependen diprediksi oleh variabel independen. Hal tersebut dapat diartikan bahwa sarapan pagi bergizi berkontribusi sebanyak 40% dalam keaktifan belajar. Sedangkan sisanya 60% dijelaskan oleh
faktor lain yang tidak diteliti, seperti dari hasil wawancara terhadap guru kelas III pada pra penelitian yang menyebutkan bahwa anak yang tidak sarapan, mereka cenderung lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung.
22SK2223046.00 | SK PGMI 22.046 YUL h | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain