SKRIPSI PGMI
Peran dan Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan di SD Muhammadiyah Kajen
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah unggul yaitu memiliki peran sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Beberapa strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggulan yaitu peningkatan kemampuan mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervise secara rutin, menjalin kerja sama dengan msyarakat dan penerapan disiplin yang ketat. Sedangkan acauan pada landasan sekolah unggul adalah Standar Nasional Pendidikan yang terdiri dari standar lulusan, standar isi dan proses, standar penilaian, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Adapun faktor pendukung sekolah unggul yaitu adanya adanya dukungan dari masyarakat, dapat mempertahankan potensi & prestasi yang dimiliki, dapat memberikan layanan sesuai dengan bakat dan minat,serta mampu mengembangan kerja sama dengan berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya tenaga kependidikan yang latar belakang pendidikannya tidak linier sehingga menurunkan nilai mutu pendidikan dan sarana prasarana yang belum memadai
22SK2223042.00 | SK PGMI 22.042 AIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain