SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Media Infografis dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 03 Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pemalang
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun sumber penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan jumlah populasi 40 siswa dengan menggunakan dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan soal posttest. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media infografis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 03 Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan dapat membuat siswa lebih aktif dan fokus sehingga siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran dikarenakan guru menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yang menggunakan media infografis sebesar 93,00 dan nilai rata-rata kelas yang tidak menggunakan media sebesar 68,25. Berdasarkan uji hipotesis, hipotesis diterima apabila nilai sig
22SK2223035.00 | SK PGMI 22.035 HIK e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain