SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis miles dan Hubberman dengan cara reduksi data, data display dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas IV di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan berupa lupa dalam menghafal, jenuh dalam belajar dan kurang konsentrasi. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas IV di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan yaitu penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, membuat rangkuman/ringkasan, pemberian motivasi dan program remedial/perbaikan. Dampak dari upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas IV di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan yaitu dalam aspek afektif adanya perubahan pada perilaku siswa, siswa yang mulanya tidak mau belajar menjadi belajar, dan dalam aspek kognitif adanya perubahan hasil belajar siswa
22SK2223032.00 | SK PGMI 22.032 SUF u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain