SKRIPSI PGMI
Pengaruh Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas 2 di MI Salafiyah Bligo Buaran Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan variasi metode pembelajaran, minat belajar siswa, dan pengaruh penggunaan variasi metode pembelajaran terhadap minat siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Kegunaannya bisa menambah wawasan Pendidikan bagi siswa maupun guru, informasi kepada orang tua dan guru untuk meningkatkan minat siswa, dan wawasan untuk mengajar yang lebih baik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Variabel terikat minat belajar siswa, dan variabel bebas yaitu variasi metode pembelajaran. Populasi sejumlah 34 siswa kelas 2 MI, dan sampel diambil seluru bagian populasi. Metodenya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statistik regresi sederhana, uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan variasi metode mendapat rata-rata 66.18 kategori sedang, minat belajar siswa mendapat rata-rata 67.68 kategori sedang, dan tidak terdapat pengaruh antara penggunaan variasi metode terhadap minat belajar secara signifikan pada Fhitung 2.550 < Ftabel 4.15 serta hasil thitung 1.578 < ttabel 2.037 dengan besar pegaruh 7.4% dan sisanya dipengaruhi variable lain.
22SK2223030.00 | SK PGMI 22.030 SHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain