SKRIPSI PGMI
Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN Kasepuhan 02 Batang
Dari hasil penelitian ini ditemukan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN Kasepuhan 02 Batang, dilakukan dengan cara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Adapun perencanaan meliputi: memberikan salinan bacaan pada tiap siswa, biasakan siswa dengan strategi untuk menangani dengan kata-kata yang belum dikenal,mengarahkan siswa membaca dalam hati bagian dari cerita dengan petunjuk gambar atau kata untuk membuktikan prediksi mereka, guru menilai hasil prediksi siswa dan meyesuaikan prediksi siswa. Pelaksanaan meliputi:
membaca bahan bacaan, ketika membaca terdapat kata atau kalimat yang belum dipahami tanyakan kepada guru, siswa memprediksi isi cerita dengan petunjuk kata atau gambar, guru menilai hasil prediksi siswa. Evaluasi meliputi: Tes pemahaman kalimat, tes pemahaaman ini digunakan untuk siswa yang belum dapat berkonsentrasi penuh ketika membaca, Tes pemahaman bacaan merupakan tes membaca intergratif dan terpadu. Dalam tes ini banyak kemampuan yang dapat diukur sepertti struktur, kosa kata, pemahaman isi bacaan, gagasan dan paragraf. Kendala dalam penerapan strategi Directed Reading Thinking
Activity(DRTA) adalah adanya siswa yang belum bisa berkonsentrasi penuh ketika pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung, sehingga untuk bisa memancing konsentrasi siswa dengan cara memberikan ice breaking sebelum memulai pembelajaran agar siswa tidak bosan dan berkonsentrasi ketika membaca. Kelebihan dan kekurangan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity(DRTA), kelebihan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) adalah siswa menjadi lebih aktif, siswa dapat mengemukakan pendapatnya, melatih siswa menghargai pendapat antar siswa lainnya. Kekurangan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) adalah banyaknya siswa yang aktif mengemukakan pendapat mengakibatkan suasana kelas ramai. Sementara faktor pendukung penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN Kasepuhan 02 Batang, meliputi: a). Faktor internal, yakni: Faktor fisiologis sangat menunjang atau melatarbelakangi aktivitas belajar, Faktor psikologis, yaitu yang mendorong atau memotivasi belajar. b). Faktor
eksternal, yakni: Adanya guru yang sabar dan konsisten dalam mengajar dan kemampuan kognitif siswa, Sedangkan faktor penghambatnya, meliputi: a) Faktor internal, yakni: Tingkat minat baca siswa yang berbeda, Adanya tingkat konsentrasi siswa yang berbeda-beda. b) Faktor eksternal, yakni: Adanya pengaruh gangguan atau kenakalan dari teman sebaya, Adanya pengaruh game online dan sosial media pada smartphone.
22SK2223027.00 | SK PGMI 22.027 NUS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain